• home

MEMAKNAI KATA BIJAK KEHIDUPAN

Kata Bijak Kehidupan bisa menjadi suntikan rohani bagi kita. Seperti halnya jasmani kita atau fisik kita yang juga memiliki berbagai kebutuhan seperti nutrisi (makan minum), olahraga, istirahat yang cukup dan lainnya. Dalam kehidupan ini sebisa mungkin kita harus menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Jasmani (Fisik) yang sehat akan membantu kita ke rohani (jiwa) yang sehat. Jasmani yang sehat bisa terpancar dari kondisi yang fisk yang bugar dan energik. Lalu bagaimana ciri rohani yang sehat...??

Ciri rohani sehat ada yang bisa terlihat (perbuatan) dan ada yang tidak terlihat (batin dan pikiran). Orang bijak adalah orang yang memiliki rahoni yang sehat, perilaku baik, penuh semangat dalam menjalani kehidupan ini, tabah ketika menghadapi cobaan dan yang paling dasar adalah selalu ingat pada Yang Menciptakan Kehidupan ini. Sinergi yang bagus antara jasmani dan rohani yang sehat akan mengantarkan kita menjadi manusia yang unggul sehingga bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan sesama. 


Kata Bijak Kehidupan


Sepertinya Kata Bijak Kehidupan tanpa disadari sudah melekat pada diri orang-orang unggul (bijak) meskipun tidak terucap secara lisan dan tertulis, namun sudah terucap melalui perbuatannya selama menjalani kehidupan. Namun ada kalanya beberapa orang juga menyampaikan beberapa kata bijak kepada sesama dengan tujuan bisa memberikan motivasi dan agar orang lain bisa memaknainya untuk di kaitkan dengan kehidupan yang dijalani. Seperti berikut ini : 

- "Mencegah lebih baik dari pada mengobati", kata-kata ini sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Dari kata bijak tersebut Paijo Plompong mencoba menafsirkan bahwa agar kita lebih terbiasa melakukan hal, tindakan, keputusan yang selalu berorientasi pada resiko yang akan ditimbulkan sehingga resiko yang terjadi tidak fatal karena memang sudah dilakukan pencegahan sebelumnya. Kalau menurut Paijo sih kata bijak ini tidak hanya bisa di aplikasikan pada masalah kesehatan saja tetapi juga untuk semua hal dengan konsep yang sama.

- Kata bijak einstein "perdamaian itu tidak bisa dijaga dengan kemampuan tetapi perihal itu akan tercapai dengan adanya pengertian" pada kenyataannya memang perdamain yang sejati itu hanya akan tercipta ketika semua pihak bisa saling mengerti dan memahami sehingga akan tercipta kondisi saling menghargai dengan sesama dan juga saling tolong menolong.

- Kata bijak johann wolfgang von goethe : "pengetahuan tidaklah cukup, kita harus mengamalkannya. kemampuan tidak cukup, kita harus mengerjakannya." Kalau Paijo Plompong pikir hal ini paling sering dikaitkan dengan masalah kehidupan terutama pada masalah pekerajaan kita. Memang untuk mengatasi suatu masalah tidaklah akan selesai dengan pengetahuan dan kemampuan saja. Tatapi yang akan menyelesaikan adalah tindakan /action/pengamalan atas dasar teori pengetahun dan kemampuan yang ada.

- Nabi Muhammad SAW : "sebaik-baik orang diantara kalian adalah mereka yang berakhlak sangat mulia" menurut Paijo sih setiap orang yang berakhlak sangat mulia sudah tentu mereka akan baik dalam amal dan perbuatannya baik pada diri sendiri maupun pada orang lain. Jika ada orang yang dikatakan berakhlak baik tetapi pada kenyataannya masih melakukan tindakan yang tercela, berarti tidak benar kalau orang itu berakhlak baik.

- Kata bijak kehidupan : "kegagalan adalah bagian dari kesuksesan" sepertinya hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami kegagalan. Jika kita menengok kembali saat kita masih kecil berulang kali kita gagal untuk berdiri dan berjalan tapi pada kenyataanya keinginan kita untuk bisa sukses bisa melawan kegagalan kegagalan yang kita alami sampai akhirnya kita mampu merangkak, berdiri, berjalan dan bankan berlari atau bahkan melompat.

Beberapa kata bijak diatas adalah sedikit dari banyak sekali Kata Bijak Kehidupan. Makna yang tersirat terkadang memiliki penafsiran yang luas jika dikaitkan dengan kehidupan dunia nyata ini. Semoga bisa menambah spirit sehingga semakin kedepan kita bisah lebih memaknai kehidupan ini. Jangan lupa untuk selalu mengawali segala sesuatu yang baik dengan niat yang baik dan bukan berbuat jahat dengan niat baik. Sekian dulu, dan terimakasih telah membaca Posting dari Paijo Plompong tentang Kata Bijak Kehidupan.

..Salam..




Artikel Terkait MEMAKNAI KATA BIJAK KEHIDUPAN :